Info Sekolah
Senin, 01 Jul 2024
  • Pembukaan Pendaftaran Santri Baru Tahun Pelajaran 2024/2025 Manahijussadat 1, 2 & 3. Gel I. 1 Okt 2023 s/d 1 April 2024. Gel II. 17 April s/d 21 Juli 2024
  • Pembukaan Pendaftaran Santri Baru Tahun Pelajaran 2024/2025 Manahijussadat 1, 2 & 3. Gel I. 1 Okt 2023 s/d 1 April 2024. Gel II. 17 April s/d 21 Juli 2024
13 Maret 2023

Yuk Ke Syarrefa Resto

Sen, 13 Maret 2023 Dibaca 184x

Oleh: Yudi Nurhadi

Rangkasbitung. Senin 13 Maret 2023. Edisi safari Kuliner- Pada hari tertentu yakni Jumat dan Minggu––Ponpes Manahijussadat yang berlokasi di Kampung Serdang Kecamatan Cibadak Kabupaten Lebak-Banten—kerapkali banyak dikunjungi para tamu khususnya para orangtua santri untuk menjenguk putra dan putrinya.

Sawung dan gazebo adalah tempat favorit para wali santri. Di sana di bawah sawung dan gazebo para pengunjung dapat menyaksikan kecipak ikan-ikan patin. Di tempat itu pula sambil lesehan para orangtua santri bercengkrama dengan putra putrinya dan berbincang dengan wali santri lainnya.

Selama kunjungan di lingkungan pesantren para orangtua santri dimanjakan oleh aneka jajanan, makanan dan minuman. Untuk minuman dan cemilan disediakan di Koperasi Santri Mart. Bagi yang suka aneka jajanan es dan  gorengan tersedia di Kantin Putra dan Putri. Sedangakan Manahij Bakery menyuguhkan berbagai ragam roti: rasa strawberry, coklat, nanas, pisang dan lain lain. Sementara bagi wali santri yang ingin menikamti santapan makan siang-sore, silakan kunjungi Warama (warung amal Manahijussadat) dan Syarrefa Resto.

Syareefa Resto merupakan unit usaha kuliner teranyar yang dibangun sejak 2020. Restoran modern berukuran 20 meter x10 meter ini  hadir di tengah pesantren, buka setiap Senin sampai Minggu pukul 13.00 wib-22.00 wib. Kecuali hari Jumat buka pukul 09.00 wib-22.00 wib.

Bila sedang di Pesantren, saya termasuk pelanggan sejati Syarrefa Resto. Restoran dengan 7 karyawan  ini juga diminati oleh berbagai kalangan, santri, wali santri, dewan guru, anggota dewan, para pejabat pemerintah daerah dan masyarakat sekitar. Tidak sedikit pula para peserta rapat atau seminar yang diadakan di Pesantren Manahijussadat, sajian santapan siangnya disedikan oleh Syarreffa Resto. Bahkan termasuk salah satu  pesepak bola Persebaya Januar Eka Ramadan pun pernah singgah menikmati menu geprek ayam di restoran tersebut.

Di Syarrefa Resto Saya lebih suka duduk di bagian belakang, sambil menikmati semilir angin dan  pemandangan alam nan luas, pepohonan dan persawahan. Tepatnya jelang siang selepas dzuhur, saatnya makan siang. Di sana terbentang daftar harga dan ada banyak pilihan menu. Kala itu saya melihat beberapa pelanggan dan para santri sedang menikmati ragam menu favorit mereka.

Di depan pelayan yang ramah itu saya memesan ayam geprek matah. Kenapa pilih yang ini? Sambalnya gurih dan pedasnya nendang banget. Selain geprek matah––kalau Anda berminat––silakan pilih sesuai selera Anda. Ada fried chicken, BBQ fried chicken Korean spicy fried chicken, cheese fried chicken, geprek orginal, dan ayam bakar. Soal harga menurut saya sangat bersahabat dengan isi dompet. Engga percaya, silakan datang dan buktikan.

Oya. Selain menyantap geprek matah plus nasi, kerongkongan saya juga dimanjakan dengan minuman segar. Biasaya saya pilih jus melon, sirsak atau jus jambu. Tidak hanya itu, menu minuman dilengkapi dengan es jeruk, es boba gula aren, es boba caraemi, es leci yakult, chocomilo, es avocado choco, es kopi gula aren, green tea, thai tea, lemon tea dan lain-lainnya. Pokoknya suka-suka Anda mau pilih yang mana.

Syareefa Resto juga menyuguhkan banyak cemilan. Berikut saya hidangkan buat Anda. Chicken roll, rollade, kentang goring, tokpokki, odeng kuah, sate bakso bakar, sate kulit, sate ati, sate ampela dan sate usus.

Demikian sederet menu-menu Syarrefa Resto yang semua berbahan dasar daging ayam. Unit usaha pesantren ini bekerjasama dengan Rumah Penyembelihan Ayam (RPA) Jambu Raya Bogor. Tujuan kerjasama dengan RPA agar  restoran ini berlangsung sesuai syariat di mana para pelangganan restoran baik santri dan wali santri serta masyarakat sekitar dapat  mengonsumsi makanan yang halalan thoyyiban.

Melalui unit usaha Syareefa Resto ini Ponpes Manahijussadar berusaha mengedukasi santri agar mengonsumsi makanan yang halalan thoyyiban. Di antaranya adalah penyembelihan ayam harus sesuai syariat. Yaitu harus dipastikan menyembelihan ayam diawali dengan menyebut nama Allah kemudian dilakukan penyembelihan lewat tiga salauran, saluran nafas, saluran makanan dan saluran darah. Daging ayam yg ada di Syarrefa Resto dijamin bukan seperti yg dilakukan pedagang pedagang nakal yang menyuntikan air pada daging ayam agar terlihat gembuk dan segar kemudian laku dijual. Na’udzul bilahi min dzalik.

Dengan adanya Syarefa Resto para santri kelas akhir TMI (khususnya para pengurus) pada 2021 melakukan kunjungan ke RPA Jambu Raya Bogor Jawa Barat selama dua hari. Kunjungan ini merupakan  rihlah iqtishodiayah (wisata ekonomi) dalam rangka membekali santri tentang kewirausahaan sekaligus  melihat langsung proses penyembelihan Ayam sesuai syariat Islam.

Syareffa Resto bukan sekadar unit usaha makanan dan minuman, namun menebar syiar dan dakwah agar yang dikonsumsi para pelanggan baik santri maupun masyarakat lainnya adalah makanan halalan, toyiban, mubarokan. Yuk, ke Syarrefa Resto. [Admin]

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

 

Contact Information

  • Pasarkeong | Cibadak | Lebak-Banten
  • Phone: (0252) 207123
  • Email:ppm_manahijussadat@yahoo.com
  • Website: www.manahijussadat.sch.id

Hubungi Kami

Cara terbaik untuk menghubungi kami adalah dengan datang langsung ke Pesantren dan menemui pihak-pihak yang terkait. Anda bisa membaca brosur untuk mendapatkan informasi profil lembaga, pendaftaran, biaya, lokasi, nomor kontak, fasilitas, kegiatan, dan informasi-informasi penting lainnya. Jika anda berhalangan untuk datang, anda bisa menghubungi kami melalui email.